Thursday, March 8, 2012

Tips dan Trik Merawat Laptop


Bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar? Berikut adalah tips cara merawat dan hal-hal yang perlu dihindari agar laptop lebih awet dan optimal dalam pemakaiannya.

Hal-hal yang perlu dilakukan 

1. Layar laptop
Saat ini ada dua teknologi yang digunakan untuk memproduksi layar atau monitor laptop yaitu LCD dan LED, Berbeda dengan penggunaan laptop yang menggunakan teknologi LED (Light Emiting Dioda), laptop yang menggunakan layar dari LCD (Liquid Crystal Display) cenderung lebih rentah terhadap kerusakan, agar layar laptop anda yang menggunakan LCD lebih awet dan tahan lama gunakanlah screen protector.

2. Keyboard laptop
Cara merawat laptop yang baik dan benar selalu memperhatikan perawatan papan ketik atau keyboard yang ada pada laptop.Biasanya faktor kelalaian dari para penggunanya sendiri yang menyebabkan keyboard laptop bermasalah, misalnya : terkena serpihan abu rokok, terkena air, dan pemakaian laptop secara berlebihan untuk bermain game.
Agar keyboard laptop anda awet, gunakanlah keyboard protector. Atau jika enggan menggunakan keyboard protector bersihkan tombol-tombol keyboard anda secara teratur dengan menggunakan kuas kecil.

3. Hardware Laptop
Yang tidak kalah pentingnya pada cara merawat laptop yang baik dan benar adalah perawatan hardware dari laptop itu sendiri. Hardware laptop yang terdiri dari processor, memory dan harddisk harus dipastikan aman dari overheat atau panas berlebihan. Bagi anda yang ingn membeli sebuah laptop yang baru pastikan anda periksa dulu sistem pendingin pada lapto yang hendak anda beli, pastikan sirkulasi angin yang memadai dari kipas yang ada di laptop mampu membuat hardware laptop tetap berada pada suhu yang normal.

4. Battery Laptop
Kelebihan laptop di bandingkan komputer adalah laptop bisa dibawa kemana saja dan bisa di operasikan kapan saja, hal ini karena laptop menggunakan battery untuk menyuplai listrik saat laptop di operasikan. Oleh karena itu cara merawat laptop yang baik dan benar harus memperhatikan kesehatan battery laptop. Battery laptop akan tahan lama jika di pakai dengan benar, yaitu hanya di charge saat battery laptop benar-benar kosong dan di lepas saat battery laptop sudah benar-benar terisi penuh, dengan melihat indikator yang ada pada laptop, biasanya pada lampu LED yang berubah warnanya.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan

1. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop. Hal ini dikarenakan, laptop yang telah digunakan biasanya masih menyimpan panas berlebih. Saat langsung dimasukkan tas, panas ini tertahan cukup lama dan tidak akan mudah berkurang. Akibatnya akan berpengaruh kepada komponen listrik yang ada di dalam laptop.

2. Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai telah ful dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.

3. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.

Selain cara merawat laptop seperti cara yang diatas, berikut ini adalah tips tambahan untuk merawat laptop yang bisa anda gunakan.
* Jika anda menggunakan sistem operasi windows, pastikan anti virus anda di update secara bekala untuk melindungi sistem dari serangan virus, malmware dan adware yang bisa memperlambat kinerja laptop anda
* Gunakan laptop anda maksimal 4 jam untuk di matikan sekitar 15 menit, setelah itu baru dihidupkan lagi, hindari penggunaan laptop secara terus menerus selama 24 jam.
* Jika anda sering bepergian dengan membawa serta laptop anda, gunakan tas yang terbuat dari bahan yang lembut dan tahan air, untuk mencegah casing laptop anda tergores dan terkena air hujan.
* Gunakan software untuk melindungi harddisk dari goncangan, jika anda menggunakan laptop Toshiba anda bisa menggunakan software Toshiba HDD Protection untuk mencegah kerusakan cylinder pada harddisk saat terjadi goncangan.

Demikian sedikit tips dan trik bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar agar laptop awet dan tahan lama serta bisa digunakan secara optimal.

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment