Monday, January 21, 2013

Cara Mengatasi Installasi Program/driver Bermasalah di Windows

Bagi pengguna Windows Vista, 7 atau 8 mungkin pernah mengalami program atau driver (baik untuk modem, VGA, bluetooth, Wifi dan sebagainya) yang di install tidak berjalan dengan baik, atau ketika sebelumnya berjalan setelah install ulang tidak berjalan. Ada salah satu cara sederhana yang terkadang merupakan solusi jitu untuk untuk mengatasi hal ini.


Salah satu kelebihan (yang terkadang malah menjadi sumber masalah) di Windows Vista/7/8 adalah masalah UAC (User Account Control). Dengan adanya fitur ini, memang program berbahaya seperti virus tidak akan dengan mudah menyerang/menginfeksi komputer karena akses berbagai tempat/sistem penting windows akan banyak dibatasi.

Tetapi hal ini juga bisa menyebabkan berbagai aplikasi tidak berjalan dengan baik. Misalnya driver atau program yang menjembatani perangkat keras dengan windows, seperti driver Modem, Wifi, Kartu memori dan sebagainya. Driver seperti ini biasanya memerlukan akses ke sistem/lokasi penting yang ada di windows. Jika kita pernah mengalami hal seperti itu, coba langkah mudah berikut :
run-as-administrator

Jika memang program atau driver tersebut bermasalah dengan UAC seperti diatas, biasanya install ulang dengan cara itu bisa memecahkan masalahnya. Setelah di install dengan cara diatas, masalah terpecahkan. Beberapa teman/rekan saya kadang bermasalah ketika menginstall program (biasanya driver modem) di windows 7, dan setelah diinstall ulang dengan cara diatas, biasanya selalu berhasil.

Tetapi memang cara installasi diatas sebaiknya digunakan untuk aplikasi yang tidak berjalan dengan baik dan aplikasi/program tersebut memang sudah kita kenal asal atau sumbernya. Karena dengan cara seperti itu berarti kita mengijinkan program untuk mengakses sistem/lokasi penting windows. Jika itu ternyata mengandung virus, maka efeknya virus bisa melakukan “hampir apa saja” terhadap komputer kita.

Semoga tips sederhana diatas bermanfaat.

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment