lazada.com

Friday, March 2, 2012

Bagaimana Memilih Komputer yang Baik

Jangan sembarangan memilih komputer, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tips memilih komputer sehingga komputer yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda, pada artikel berikut akan dibahas cara memilih komputer yang baik, silahkan menyimak.

Tetapkan alasan kenapa Anda membutuhkan komputer

Tindakan yang dilakukan tanpa alasan akan sia-sia, maka tentukan alasan Anda harus memiliki komputer, apakah untuk perkerjaan, untuk menghibur diri dengan bermain game, untuk mengedit video atau musik atau untuk kebutuhan lain, dengan menetapkan alasan maka Anda bisa lebih fokus tentang komputer yang ingin dibeli.

Pilih Monitor yang sesuai dengan keperluan.

Monitor adalah sumber interaksi antara Anda dengan komputer. Bentuk, ukuran dan warna komputer perlu dipertimbangkan yang paling sesuai dengan alasan Anda. Sebagai contoh, jika Anda membeli komputer dengan alasan ingin bermain game, maka pilihlah Monitor dengan tipe LCD dan ukuran yang lumayan besar agar bisa puas bermain game.

Semakin besar kualitas Monitor, semakin besar kualitas VGA Card yang harus digunakan dan pastikan masih bisa dipasok listriknya oleh Power Supply.

Pilih kapasitas harddisk yang sesuai.

Beda perkerjaan maka beda kebutuhan kapasitas harddisk. Orang yang menggunakan komputer untuk mengetik maka tidak membutuhkan kapasitas harddisk yang terlalu besar, sementara orang yang menggunakan komputer untuk membuat musik atau animasi memerlukan kapasitas harddisk yang besar agar bisa menampung banyak file perkerjaan.

RAM harus mendukung perkerjaan

RAM berguna untuk mendukung proses kerja komputer, semakin besar RAM maka semakin baik dalam mendukung proses kerja komputer. Tetapi tidak semua orang membutuhkan RAM yang besar karena tidak semua orang menggunakan RAM yang besar dalam perkerjaannya. Jika Anda menggunakan komputer hanya untuk mendengarkan musik maka RAM sebesar 1GB sudah lebih dari cukup, tapi jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game keluaran terbaru maka membutuhkan RAM yang besar.

Dan jangan lupa jika Anda memasang dua RAM, pastikan keduanya memiliki kapasitas yang sama agar tidak bermasalah dalam berkerja. Sebagai contoh jika RAM di kanan adah 1GB maka RAM di kiri juga harus 1GB.

Gunakan Speaker yang normal.

Speaker sangat digunakan terutama ketika bermain game dan mendengarkan musik, tetapi pastikan Speaker yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar. Jika Anda menggunakan komputer untuk membuat musik maka speaker yang besar sangat diperlukan, tetapi jika Anda menggunakan komputer hanya untuk mendengarkan musik maka speaker cukup yang berukuran kecil agar Anda tidak membuang uang terlalu banyak.

Perhatikan juga lingkungan Anda, jangan sampai ketenangan orang lain terganggu dengan suara dari speaker Anda.

Jumlah Port USB

Jika komputer Anda akan digunakan untuk menukar banyak data ke banyak orang maka jumlah port USB akan lebih baik jika banyak sehingga lebih efisien untuk menukar data, biasanya komputer dengan port USB yang banyak digunakan untuk bisnis jual lagu dalam bentuk file MP3.

Mouse tidak kalah penting

Pilihlah Mouse yang bisa dengan mantap Anda pegang, selain itu bentuk dan warna mouse bisa mempengaruhi mood Anda berkerja.

Keyboard jangan dilupakan

Terkadang kita asal pilih saat membeli keyboard, lebih baik jangan. Pilih keyboard dengan deretan huruf, warna dan bentuk yang mudah Anda gunakan. Sebagai contoh jika Anda ingin bisa mengetik sambil memainkan musik atau mengirim email tanpa perlu menggunakan mouse, pilihlah keyboard multimedia.

Kipas CPU

di dalam CPU terdapat banyak komponen yang saling berhubungan, pastikan Anda menggunakan kipas CPU yang cukup untuk membuat komponen CPU tidak cepat panas dan tahan lama.

Tetapkan jumlah uang

Walaupun Anda memiliki banyak uang, Anda harus menetapkan dengan jelas jumlah uang yang akan digunakan, hal itu juga membuat Anda harus mempunyai catatan keuangan yang monitor pemasukan dan keuangan Anda, jangan sampai Anda bangkrut hanya karena membeli komputer mahal yang ternyata tidak begitu Anda gunakan.

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment