lazada.com

Friday, March 29, 2013

Apa Perbedaan Windows Versi 32-bit dan 64-bit


 

Sebagian besar pengguna windows kurang memperhatikan perbedaan versi dari windows itu sendiri. Windows versi 32-bit dan 64-bit. Apa bedanya? Perbedaan versi ini menentukan program apa saja yang bisa berjalan di laptop-mu. Selain itu, kamu tidak bisa sembarangan menginstall Windows tanpa menyesuaikan versinya dengan spesifikasi laptop. Makanya, penting untuk mengetahui apa perbedaan Windows versi 32-bit dan 64-bit.

Istilah 32-bit and 64-bit merujuk pada cara prosesor komputer, menangani informasi. Versi 64-bit menangani sejumlah besar RAM lebih efektif dibanding versi 32-bit. Jadi, untuk RAM dalam jumlah besar terinstall di laptop (biasanya 4GB atau lebih), versi 64-bit lebih responsif saat menjalankan beberapa program bersamaan.

Untuk dapat menginstall Windows versi 64-bit atau 32-bit, harus menyesuaikan spesifikasi laptop. Jika laptop sanggup menjalankan versi 64-bit maka tidak masalah untuk menginstall versi tersebut. Namun jika tidak, maka pakailah versi 32-bit.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa sebagian besar program yang didesain untuk versi 32-bit biasanya dapat berjalan di versi 64-bit, namun program yang didesain khusus untuk versi 64-bit tidak dapat berjalan pada versi 32-bit. Berbeda dengan program, driver yang didesain khusus untuk versi 32-bit tidak akan bekerja pada komputer yang menggunakan versi 64-bit, begitu pula sebaliknya.

Jika ingin tahu versi berapakah Windows yang terinstall di dalam laptop. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:
  • Klik start, kemudian klik kanan pada ‘Computer’ dan pilih ‘Properties’
  • Di bawah tab ‘System’ kamu bisa melihat tipe sistem yang terinstall di laptop-mu. Biasanya versi 32-bit tertulis sebagai x32 dan versi 64-bit tertulis sebagai x64
Tadi adalah cara mengecek pada laptop yang menggunakan Windows 7 atau Vista sebagai OS. Untuk pengguna Windows XP bisa melakukan langkah berikut:
  • Klik start, kemudian klik kanan pada ‘Computer’ dan pilih ‘Properties’
  • Jika kamu tidak melihat tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 32-bit. Sedangkan jika ada tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 64-bit.

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment